Jumat, 30 November 2012

cara membuat film pendek (move maker)

Membuat Film Pendek Menggunakan Movie Maker

Tutorial ini saya buat untuk pemula, oleh karena itu saya berikan dasar – daras dari pembuatan Video dokumentasi, dimana proses pembuatan Credits (Tulisan – tulisan dalam slide), cara memasukan Foto dan Video atau cara penggabungannya dan dasar  – dasar lainnya. Movie maker merupakan aplikasi bawaan dari Sistem Operasi Windows, namun untuk windows 7 aplikasi ini tidak tersedia. Oleh karena itu jika anda menggunakan system operasi Windows XP atau Windows Vista aplikasi ini sudah tersedia dan jika anda menggunakan Windows 7 maka pertama – tama anda harus menanamkan atau Install terlebih dahulu di computer anda, Aplikasi Movie Maker bisa di download di sini :
Movie Maker
jika aplikasi Movie maker sudah terinstall di computer anda, maka proses pembuatan Video kita mulai sekarang!!
Pertama – tama siapkan Ide dan konsep Film yang akan kamu tuangkan kedalam Video ini. Kemudian siapkan bahannya seperti Video yang baru di rekam dari Handycam atau Foto dari Camera Digital atau Ponsel anda, dan jangan lupa siapkan soundtrack (lagu sebagai latar film) bisa pakai lagu – lagu kesukaan anda. Jika semuanya sudah siap. Hal pertama yang anda lakukan adalah membuka aplikasi Movie Makernya di :
Start Menu > All Programs > Windows Movie Maker


Ini adalah tampilah dari Movie maker, saya akan jelaskan menu – menu dasarnya seperti :
1. Capture Video
Import Video = berfungsi untuk mengimport atau memasukan File video kedalam project
Import Picture = berfungsi untuk mengimport atau memasukan file gambar kedalam project
Import Audio = berfungsi untuk mengimport atau memasukan file suara kedalam project
2. Edit Movie
Show Collection = berfungsi untuk menampilkan semua media yang kita importkan seperti Video, Foto dan lagu.
View Video Effect = berfungsi untuk menampilkan Effect – Effect Video yang sudah di sediakan oleh Movie Maker.
View Video Transitions = berfungsi untuk menampilkan Video transisi, video transisi adalah sebuah tampilan yang membatasi antara video satu dan video lainnya boleh dibilang semacam Effect juga.
Make Titles or Credits = berfungsi untuk membuat Judul atau tampilan berupa tulisan – tulisan yang nantinya tergabung dengan video yang kita buat.
Make an AutoMovie = berfungsi untuk membuat video secara otomatis, namun kadang denga fasilitas ini tidak sesuai dengan keinginan kita.
3. Finish Movie
Save to my computer = berfungsi untuk menyimpan Video hasil buatan anda kedalam bentuk file Video *.WMV atau kata lain proses ini adalah Compile (menyusun atau menggabungkan)
Send to DV Camera = berfungsi untuk menyimpan Video hasil buatan anda ke dalam DV namun ini sangat jarang di pakai karena kebanyakan orang menyimpannya langsung dalam bentuk File Video. Jadi rekomendasi dari saya adalah simpanlah video anda dengan Save to my computer
Dan sebenarnya masih banyak lagi fasilitas – fasilitas yang ada di movie maker, dan nanti akan saya jelaskan pada saat proses pembuatannya, oke jika anda sudah tau fungsi – fungsi yang saya jelaskan di atas maka anda sudah siap untuk memulai membuat sebuah Film pendek dari Movi maker.
Import Video pilihan anda dengan klik Import Video

Klik tombol Import, maka video akan masuk ke Collection

Biasanya Film – film yang biasa kita lihat pada awal – awal videonya terdapat Judul dan nama pemainnya dan segala macamnya, apa anda paham yang saya maksud? Baik jika tidak paham akan saya peragakan langsung.
Klik menu Make Title or Credits


Kali ini saya akan mengarahkan anda untuk memilih yang urutan pertama yaitu “Add title at the beginning of the movie”

Untuk Jenis Font, warna tulisan, warna layar, animasi, posisi text dan lainnya bisa di atur di change the title animation dan change the text font and color, karena penggunaan menu ini cukup gampang jadi saya rasa anda lakukan sendiri sesuai selera anda.
Jadi title ini semacam tulisan yang mengantar anda menuju ke suatu cerita, jadi dengan tulisan ini penonton dapat memperoleh infomrasi SIapa producer filmnya, siapa saja pemain – pemain filmnya dan lain – lainnya. Sudah ada gambaran? Oke sekarang klik Done, add title to movie
maka title akan masuk kedalam Story board

Jika ingin melihat tampilannya seperti apa, anda bisa milihatnya dengan mengklik tombol Play maka tulisannya akan tampil nyaris sama dengan awalan pada film – film yang sering anda tonton. Dan buat juga untuk teks – teks pembuka lainnya seperti nama pemain film, persembahan oleh, seponsor, dan lain – lain (biar serem aja)
Nah, sekarang kita mulai memasukan video kedalam story board, caranya adalah :
Drag video yang sudah masuk di Collection ke Storu board, sehingga video akan masuk kesana

Dan masukan juga video – video yang lainnya dengan cara yang sama seperti yang saya jelaskan di awal yaitu import dan drag ke story board.
Nah sekarang saya akan tunjukan cara untuk membuat transisi antara video satu dan video berikutnya, seperti yang saya jelaskan tadi untuk membuat transisi ada pada menu View Video Transitions


Dari sekian banyak jenis transisi anda bisa memilih sesuai dengan keinginan anda, dengan menDrag salah satu transisi ke kotak transisi. Dan mainkan dari video 1 sampai video 2 maka transisinya akan terlihat. Seperti yang saya jelaskan sebelumnya dimana transisi adalah tampilan pembatas antara video satu dan video yang lainnya.
Nah, sekarang saya akan tunjukan cara membut subtitle atau tulisan disaat video sedang di putar, jadi seperti teks lagu atau teks terjemahan film atau video clip lagu yang sering anda lihat. Caranya adalah :
Buat baru atau Copy title yang sudah ada sebelumnya, misalkan saya akan copy title yang sudah ada sebelumnya dengan cara klik kanan pada titlenya kemudian pilih Copy

Kemudian pastekan ke sebelah video yang akan anda isikan titlenya.

Dan setelah di paste, sekarang silahkan anda edit atau koreksi teksnya dan tuliskan kata – kata yang tepat menurut moment yang anda miliki waktu itu, jika sudah silahkan klik Done
Setelah itu kita ubah mode story boardnya menjadi Time line caranya :
Klik Show timeline


Maka tampilannya akan berubah menjadi ini :

Pada Time line ini terlihat tempat masing – masing media di simpan, seperti Video, audio dari videonya, transisi, Audio/music, title overlay. Karena kita akan membuat gabungan antara video dan title, maka kita Drag title yang kita buat tadi ke Title Overlay.

Nah sekarang titlenya sudah tidak sebagai video lagi, melainnya sebagai Title Overlay, silahkan Play videonya untuk melihat hasilnya. Pasti anda akan bertanya, “Bagaimana cara untuk agar tulisannya tampil di bagian bawah Video?” caranya adalah mengganti animasinya,
Doble klik pada title tadi


Pilih Change the title animation

Maka macam – macam animasi akan tampil, kemudian pilih nama animasinya “Subtitle” dengan deskripsi “Subtitle at bottom (Overlay)”
Jika sudah, klik Done


Nah, sekarang saya akan kombinasikan antara Video dan Foto, caranya adalah dengan cara klik Import sama seperti import video namun yang anda pilih adalah Import Pictures
Jika gambarnya sudah masuk ke collection selanjutnya Drag ke story board.

Untuk mempercantik tampilan, silahkan sesuaikan dengan keinginan anda seperti menambahkan Title ataupun Transisi.
Naahh, sekarang kita akan menambahkan music pada video yang kita buat, caranya tidak berbeda jauh dengan cara menyisipkan foto yang seperti saya lakukan barusan
Klik import audio or music


Cari tempat file – file music anda berada, kemudian pilih lagu yang menurut anda paling cocok dengan moment ini, jika sudah klik Import.
Maka lagu atau music tersebut akan masuk ke Collection, setelah itu ubah mode Storyboard menjadi Time line, dengan mengklik view Timeline


Dan Atur posisi lagunya seperti yang anda inginkan, karena masih bisa di geser – geser dan di potong sesuai dengan keinginan anda.
Ngomong – ngomong maslah motong nih… saya akan jelaskan sedikit cara untuk memotong video di movie maker, caranya adalah :

Misalkan saya tidak begitu suka pada video di bagian ini (yang di tandai merah di atas) maka yang saya lakukan adalah pemotongan terhadap video yang saya tidak sukai tersebut dengan klik video yang akan anda potong.
Nah… jika Video yang anda gabungkan sudah tergabung dengan rapi dan sesui imajinasi anda, berarti sekarang adalah proses compile atau bagian paling akhir proses pembuatan Video ini dimana nantinya akan membentuk satu File video yang berformat *.wmv, sehingga nanti bisa di burn ke DVD atau CD atau anda hanya memutarnya di computer anda dengan mendia player computer yang tersedia.
Oke saya akan jelaskan Caranya, pilih menu Save to my computer


Maka akan muncul tampilan berikut, ketikan nama video sesuai keinginan anda, dan pilih tempat penyimpanan videonya, dengan klik tombol Browse…


JIka sudah, klik Next>
Maka akan muncul dialog dibawah ini, ini merupakan tempat pengaturan tingkat kualitas video yang ingin anda hasilkan, silahkan sesuaikan dengan keinginan anda.

Jika sudah klik Next>
Dan tunggu proses compile selesai

Oke dehh… semua proses – proses dasar sudah saya jelaskan, sekarang tinggal kreatifitas dari anda saja yang menentukan bagus atau tidaknya Film yang anda buat.

Dan silahkan nikmati Film yang anda buat, dengan hidangan makanan kecil dan minuman segar. Hehehe OKe dehh… karena filmnya sudah jadi, maka selesai sudah tugas saya menuntun anda (pemula) untuk memberikan langkah – langkah pembuatan video pada Movie Maker.

1 komentar: